Mandi Sehat, Mandi Segar.

Jumat, 05 Juni 2009
Menurut penelitian terbaru, mandi ternyata tidak hanya baik untuk membersihkan kotoran dan menjauhkan stress, tetapi juga memiliki peranan penting meningkatkan sistem imun. Sebuah studi yang diterbitkan The New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa penderita diabetes yang menghabiskan hanya setengah jam berendam dalam bak air hangat mampu menurunkan tingkat gula darah sekitar 13 %.
Penelitian terpisah di Jepang menunjukkan bahwa 10 menit berendam dalam air hangat mampu memperbaiki kesehatan jantung baik pria maupun wanita, membantu mereka menjalani treadmill test dengan lebih baik dan mengurangi rasa sakit. Tak heran, di musim dingin sekalipun, justru masyarakat Jepang memanfaatkan air yang nyaris beku untuk mandi. Caranya? Dengan menceburkan diri. Data penelitian di atas, serta tingginya angka harapan hidup pada masyarakat Jepang jelas memberikan kesan tersendiri.
Trus gimana biar mandi bisa benar-benar memberikan efek yang bermanfaat bagi tubuh. Mandi yang efektif, tergantung dari efek mana yang dibutuhkan oleh tubuh. Apa aja? :
1. Mandi air dingin di pagi hari. temperature yang dianjurkan sekitar 12-18ยบC. Mandi air dingin sangat baik meredakan ketegangan(stress) dan dapat meningkatkan gula darah. Inilah alasan kenapa orang Jepang memilih mandi dengan air dingin di pagi hari, meski tersedia pilihan menggunakan air hangat. Energy yang diperlukan seharian untuk siap menempuh ketegangan hari itu menjadi jawabannya. Alasan serupa menjadi jawaban kenapa mandi sebelum subuh (atau dalam rentang berhawa dingin)dapat menyegarkan.
2. Mandi air hangat di sore hari. sebaliknya, mandi air hangat sekitar 32-35ยบC membuka pori-pori yang dapat mengeluarkan toksin. Mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan gula darah, menyembuhkan sakit otot, dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Mandi seperti ini dipilih setelah selesai beraktivitas pada sore hari, mengingat banyaknya zat racun yang telah terserap seharian.
Islam ternyata juga menyebutkan soal mandi ini dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah r.a (Subhanallaah….) Rasulullah saw. Bersabda: “Haq setiap muslim adalah mandi (paling sedikit sekali) dalam tujuh hari dan membersihkan kepala dan badannya” (HR. Bukhari dan Muslim)
Bagi seorang Muslim, mandi merupakan salah satu bentuk syukur, terlebih lagi di negara yang masih dikaruniakan-Nya air melimpah seperti Indonesia ini. Nah, karena manfaatnya besar untuk tubuh, sobat-sobat yang masih punya kebiasaan gak mandi, mulai sekarang biasakanlah mandi dengan rutin, ok! 
“Maka gemericiklah air mancur Damaskus dalam
kesucian Thaharah, ketika para “bangsawan” di London
menganggap mandi adalah aktivitas berbahaya…”
(Salim A. Fillah)

Sumber: Super Health-Egha Zainur Ramadhani

0 komentar:

Posting Komentar